Kamis, 17 November 2016

Hal isi: Tujuan-teori




MODUL PRAKTIKUM
TOPIK KE-6 : MASALAH-MASALAH SOSIAL/KONFLIK SOSIAL


MATA KULIAH : PENGANTAR SOSIOLOGI
SEMESTER          : I (Satu)
DOSEN                 : Triyanto, S.Sos., MA

1.    Tujuan Praktikum:
a.    Praktikum ini bertujuan mengidentifikasi masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat khususnya konflik komunal.
b.    Mengenali dan Memahami faktor-faktor yang menyebabkan munculnya masalah sosial.

2.    Teori Dasar:
a.    Teori Struktural Fungsional
Hal paling penting dalam teori ini adalah bahwa masyarakat dipandang sebagai sebuah sistem dimana memiliki komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling berhubungan dan memiliki fungsinya masing-masing. Parson menganalogikan seperti organ tubuh manusia, dimana ada kepala, tangan, badan, kaki dan lain-lainnya yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri namun membentuk kesatuan atau sistem.
Layaknya sebuah sistem salah satu dari komponen itu berubah, maka akan mempengaruhi komponen lainnya dalam sebuah sistem dan struktur  masyarakat. Teori ini memiliki sudut pandang tersendiri mengenai konflik masyarakat. Sindung Haryanto (        )  menyebutkan ada beberapa asumsi dasar teori struktural fungsional dalam memandang masyarakat:
1.    Masyarakat merupakan sebuah sistem.
2.    Masyarakat terintegrasi atas dasar kata sepakat.
3.    ...................................
4.    .................................. dst


b.    Teori Konflik
Teori konflik lahir atas munculnya kritik teori Struktural Fungsional. Dahrendorf dan David Lockwood merupakan pakar teoritisi konflik yang telah melakukan kritik terhadap teori struktural fungsional. Setidaknya Lockwood memandang bahwa teori struktural hanya menekankan pada unsur-unsur yang normatif saja, padahal masih terdapat hal-hal atau sub Stratum yang menimbulkan terjadinya perbedaan diantara warga masyarakat. Menurutnya, dalam setiap sistem sosial selalu muncul 2 hal yakni tata tertib yang bersifat normatif dan sub stratum yang menimbulkan konflik. Untuk itu teori konflik memiliki asumsi dasar sebagai berikut:
1.    ..................
2.    .......................
3.    .......................dst
Setiap masyarakat terintegrasi .................................................dst

Halaman Berikutnya